Apple Macbook Air Vs Asus Zenbook

Laptop Apple Macbook sampai saat ini masih dipersepsi sebagai yang terbaik dibanding merek lain. Jika memungkinkan mayoritas konsumen rela menebus lebih mahal untuk sebuah laptop buatan Apple ketimbang merek lain meski pada akhirnya juga akan menjalankan sistem operasi MS Windows. Meski belum mampu bersaing dari sisi citra merek namun secara perlahan dan pasti pabrikan asal Taiwan Asus makin kuat menancapkan kukunya di industri komputer jinjing (laptop).

Sejauh mana sebenarnya perkembangan Asus hingga detik ini? Sudah mampukah Asus Zenbook disejajarkan dengan Apple MacBook? Untuk menemukan jawab dari pertanyaan tersebut berikut kami sajikan perbandingan
Apple tree MacBook vs. Asus Zenbook.

Head to Head Perbandingan Apple MacBook vs. Asus Zenbook

Asus Zenbook memang bukan satu-satunya pesaing Apple MacBook, namun dari sisi kualitas dan konsistensi harus diakui bahwa sejauh ini tak ada merek lain yang lebih mampu diposisikan sebagai penantang kuat Apple tree selain Asus.

Salah satu produk yang menjadi andalan Apple tree di kategori laptop adalah Apple MacBook Pro, sementara Asus memiliki Asus Zenbook Pro dengan spesifikasi yang tak berbeda jauh dengan kompetitornya yang bermarkas di Cupertino tersebut.

Berikut adalah spesifikasi dari masing-masing produk dimaksud:

Spesifikasi Apple MacBook Pro Retina

  • Mac Bone 10 Yosemite
  • fifteen.four-inch 2880x1800p LED Retina Display
  • two.2GHz quad-core Intel Core i7 processor
  • Intel Iris Pro Graphics
  • xvi GB of DDR3L RAM
  • 256 GB of PCIe-based internal storage
  • 720p camera
  • 95 Wh battery (eight hours of web browsing)
  • 35.89×24.71×i.8 cm
  • ii.02 kg

Spesifikasi Asus Zenbook Pro

  • Windows eight.1
  • 15.half-dozen-inch 3840x2160p IPS brandish
  • two.6 Ghz quad-cadre Intel Cadre i7 4720HQ processor
  • NVIDIA GeForce GTX 960M with 2G GDDR5 VRAM GPU
  • 16 GB of DDR3L RAM
  • 512 GB of PCIe-based internal storage
  • 1.ii MP photographic camera
  • 96 Wh battery
  • 38.35×25.iv×2.03 cm
  • 2.27 kg

Keunggulan utama dari laptop Apple adalah layar Retina yang kualitasnya tak perlu dibahas lebih lanjut karena sudah menjadi pemahaman umum. Layar Retina sanggup menampilkan warna yang tampak lebih hidup dibanding layar konvensional.

Asus Zenbook Pro sendiri juga menawarkan layar IPS dengan resolusi 3840 x 2160 pixels atau yang lebih sering disebut sebagai resolusi 4K. Di atas kertas layar IPS mampu melakukan reproduksi warna yang lebih akurat dan natural jika dibandingkan layar LED.

Bukan hanya dari sisi teknologi IPS serta tingkat resolusi saja laptop Asus mampu mengalahkan laptop Apple, namun oleh karena dirancang menjalankan sistem operais Windows maka layarnya juga merupakan layar sentuh.

Keunggulan kedua yang selama ini selalu melekat pada produk Apple tak terkecuali MacBook adalah desain serta
build quality
yang oleh Apple dianggap sebagai hal serius. Namun lagi-lagi Asus pun juga adalah pabrikan yang tak pernah meremehkan estetika desain serta
build quality
produk buatannya lebih-lebih untuk produk yang ditujukan untuk segmen
high-finish
seperti halnya Zenbook Pro. Beberapa orang beranggapan bahwa Asus mencoba meniru Apple dalam hal desain, namun jika mau objektif rasanya pendapat tersebut tidaklah terlalu tepat. Justru Asus lewat produk ultrabook-nya mampu membentuk ciri khas mereka sendiri.

Terlepas dari perdebatan apakah Asus Zenbook merupakan tiruan Apple MacBook pastinya Asus mampu menghadirkan
build quality
serta desain yang setara dengan MacBook. Karena itu keduanya berimbang dalam poin perbandingan ini.

Perbandingan Performa Apple MacBook vs. Asus Zenbook Pro

Dua poin perbandingan sebelumnya masih bisa diperdebatkan sebab harus diakui bahwa soal kualitas layar serta desain masing-masing pengguna memiliki preferensinya sendiri. Namun ketika bicara soal performa maka Asus Zenbook secara meyakinkan dan tak dapat diingkari secara telak mengalahkan Apple tree MacBook Pro Retina.

Prosesor laptop Asus Zenbook Pro jelas lebih bertenaga ketimbang milik MacBook Pro Retina, sementara untuk kapasitas RAM keduanya berimbang. Namun lagi-lagi di sektor performa olah grafis Asus kembali mengalahkan Apple karena siapapun tahu dengan pasti bahwa GPU Intel Iris Pro bukanlah tandingan bagi NVIDIA GeForce GTX 960M yang terpasang pada laptop Asus Zenbook Pro. Jika mau Anda bisa menggunakan GPU NVIDIA untuk Apple MacBook Pro, namun selain harus menambah sekitar Rp half-dozen juta-an juga yang Anda dapat hanyalah NVIDIA GeForce GTX 750M yang performanya di bawah 960M.

Asus lagi-lagi unggul berkat kapasitas media penyimpanan 512 GB dimana Apple hanya menyediakan 256 GB.

Jadi mana yang Anda pilih antara Apple tree MacBook Pro Retina atau Asus Zenbook Pro? Jika Anda pada akhirnya memilih menjalankan sistem operasi Windows, tidak fanatik terhadap produk Apple dan gemar memainkan game di laptop maka jelas Asus Zenbook Pro adalah pilihannya, apalagi harga laptop Asus juga tetap lebih murah dibanding harga laptop Apple tree MacBook Pro Retina. Namun keputusan tentu kembali pada Anda sebagai pihak yang mengeluarkan biaya sekaligus pengguna pada akhirnya.

Source: https://bursahargaponsel.blogspot.com/2015/05/Perbandingan-Macbook-vs-Zenbook.html